Sabtu, 28 Mei 2011

PROSEDUR&ANALISIS PENGEMBANGAN SILABUS

Pengertian
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.




Prinsip Pengembangan
Ilmiah
Relevan
Sistematis
Konsisten
Memadai
Aktual dan Kontekstual
Fleksibel
Menyeluruh




UNIT WAKTU
Silabus mata pelajaran disusun berdasarkan seluruh alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan.

Penyusunan silabus memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang sekelompok.

Implementasi pembelajaran per semester menggunakan penggalan silabus sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia pada struktur kurikulum. Bagi SMK/MAK menggunakan penggalan silabus berdasarkan satuan kompetensi.


MEKANISME PENGEMBANGAN SILABUS







Pengembangan Indikator


Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.



CONTOH FORMAT SILABUS
CONTOH FORMAT SILABUS

Proses Pengembangan SIlabus
Perencanaan
- Tim pengembang silabus harus mengumpulkan informasi dan referensi, serta mengidentifikasi sumber belajar termasuk nara sumber yang diperlukan dalam pengembangan silabus. Pengumpulan informasi dan referensi dilakukan dengan memanfaatkan perangkat teknologi dan informasi seperti komputer dan internet.

Pelaksanaan
Merumuskan kompetensi dan tujuan pembelajaran, serta menentukan materi standar yang memuat : KD, materi standar, hasil belajar dan indikator hasil belajar
Menentukan strategi, metode dan tehnik pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran
Menentukan alat evaluasi berbasis kelas dan sesuaikan dengan visi,misi sekolah
Menganalisis kesesuaian silabus dengan pengorganisasian pengalaman belajar, waktu yang tersedia dan sesuai dengan perangkat kurikulumnya.
Selesai. Bye Miftahul Huda, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar